Apa Itu Teropong Prisma Dan Teropong Panggung Serta Bagaimana Cara Kerjanya?

sebelum saya membahas apa itu teropong prisma dan teropong panggung saya akan menjelaskan secara singkat apa itu teropong dan bagaimana cara atau prinsip kerjanya secara umum

seperti yang kita ketahui bahwa teropong adalah alat yang digunakan untuk melihat benda benda yang jauh agar terlihat lebih dekat, baik benda-benda yang ada di bumi ataupun yang ada di luar angkasa seperti bintang, planet dan benda benda jauh lainnya.



Prinsip utama pembentukan bayangan pada teropong adalah: lensa obyektif membentuk bayangan nyata dari sebuah obyek jauh dan lensa okuler berfungsi sebagai lup. Dengan demikian cara mengamati obyek apakah mau dengan cara berakomodasi maupun tidak berakomodasi tergantung dari posisi lensa okulernya. Oleh karena itu jarak antara obyektif dan okuler dapat diubah-ubah. Panjang teropong adalah jarak antara lensa obyektif dan lensa okulernya.

saat ini teropong memiliki berbagai macam jenis antara lain : teropong bintang, teropong panggung, teropong prisma, teropong bumi, dan teropong periskop.
dari jenis jenis teropong tersebut yang saya bahas kali ini adalah teropong prisma dan teropong panggung

Teropong prisma

        Teropong prisma adalah alat untuk melihat benda yang jauh tetapi bayangannya tidak terbalik. lensa-lensa pada teropong prisma sama dengan tetopong bumi tetapi pada teropong prisma terdapat prisma yang dapat membalikkan bayangan benda sehingga bayangan yang dilihat mata tidak terbalik. Teropong prisma terdiri atas dua pasang lensa cembung (sebagai lensa objektif dan lensa okuler) dan dua pasang prisma kaca siku-siku sama kaki.
        Teropong prisma disebut juga teropong binakuler karena menggunakan dua buah lensa okuler dan karena pengamat dapat melihat dengan dua mata, maka kesan bayangan yang diperoleh adalah sebagai bayangan 3 dimensi (stereokopis). Pembalik untuk teropong prisma menggunakan prisma yang fungsinya sama dengan lensa pembalik. oleh karena itu, teropong prisma lebih pendek seperti gambar di bawah  ini
        untuk memper pendek teropong, lensa pembalik diganti dengan dua prisma sama kaki yang diletakkan di antara lensa objektif dan lensa okuler. kedua prisma disusun bersilang satu sama lain. bayangan dibalik melalui empat kali pemantulan total dari permukaan prisma-prisma yang akan memantulkan bayangan secara sempurna.
         Bayangan akhir maya, tegak, dan diperbesar. bayangan yang dibentuk lensa objektif bersifat nyata, diperkecil, dan terbalik. bayangan nyata dari lensa objektif menjadi benda bagi lensa okuler. sebelum dilihat dengan lensa okuler, bayangan ini dibalikkan oleh sepasang prisma siku-siku sehingga Bayangan akhir dilihat mata, tegak dan diperbesar). perbesaran bayangan yang diperoleh dengan memakai teropong prisma sama dengan teropong bumi.





Prinsip kerja teropong prisma:
  1. sinar masuk melalui lensa obyektif (depan)
  2. kemudian mengalami pemantulan pada sebuah prisma (sinar berbalik arah tetapi pada lintasan yang berbeda)
  3. sinar mengenai sisi prisma yang lain, sehingga mengalami proses seperti nomor 2.
  4. Sinar menuju lensa okuler (dekat dengan mata)
  5. proses selanjutnya adalah kita yang menggunakan teropong tersebut seperti melihat benda secara langsung.


Teropong panggung
                                         
teropong panggung merupakan bentuk modifikasi dari teropong Bumi, maka fungsi teropong panggung sama dengan teropong Bumi, yaitu untuk mengamati objek-objek yang sangat jauh di permukaan Bumi. Teropong panggung dikenal juga dengan sebutan teropong Galileo, karena memang teropong ini pertama kali ditemukan oleh Galileo Galilei. Saat ini teropong panggung banyak sekali digunakan.
Teropong panggung terdiri dari dua buah lensa. Lensa objektif berupa lensa cembung (lensa positif atau lensa kovergen), akan tetapi lensa okulernya menggunakan lensa cekung (lensa negatif atau lensa divergen). Hal ini berbeda dengan mikroskop teropon atau teropong bumi yang lensa objektif dan okulernya berupa lensa cembung. Diagram pembentukan bayangan pada teropong panggung dapat kalian lihat pada gambar berikut ini.
                                                    

Keterangan Gambar:
  1.  Gambar atas     : skema pembentukan bayangan pada teropong panggung untuk pengamatan    dengan mata berakomodasi maksimum.
  2. Gambar bawah  : skema pembentukan bayangan pada teropong panggung untuk pengamatan dengan mata tidak berakomodasi.
prinsip kerja teropong panggung


sinar sejajar yang masuk ke lensa obyektif membentuk bayangan nyata tepat di titik fokus obyektif. Bayangan ini akan berfungsi sebagai benda maya bagi lensa okuler. Dan oleh lensa okuler akan dibentuk bayangan yang dapat dilihat oleh mata.

Apa Itu Teropong Prisma Dan Teropong Panggung Serta Bagaimana Cara Kerjanya? Apa Itu Teropong Prisma Dan Teropong Panggung Serta Bagaimana Cara Kerjanya? Reviewed by fikri darmansah on May 26, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.