mengapa sleep paralysis bisa terjadi?


pernahkah kalian mengalami suatu kejadian yang dimana saat kalian terbangun dari mimpi kalian, kalian tidak bisa menggerakkan tubuh kalian  dan terkadang kalian juga akan melihat mahluk-mahluk yang menyeramkan misalnya seperti hantu, monster dan sebagainya. kejadian ini biasanya kita sebagai orang indonesia mengenalnya sebagai ketindihan atau dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan nama sleep paralysis.

terkadang kita sebagai orang awam percaya bahwa ketindihan ini memang disebabkan oleh gangguan mahluk-mahluk astral ( hantu ), tetapi ternya kejadian ini tidak ada hubungannya dengan gangguan-gangguan yang di sebabkan oleh mahluk astral. dan hal ini bisa di jelaskan secara ilmiah.

sleep paralysis terjadi karena ketika kita tertidur, ada empat tahapan yang harus kita jalani secara berurutan. seperti yang pernah saya jelaskan pada artikel saya yang berjudul mengapa kita bisa mengalami mimpi. tahapan-tahapan yang harus kita lalui saat tertidur yaitu: yang pertama fase tidur ayam, fase tidur awal, fase tidur tidur nyanyak, dan fase REM. dari keempat fase ini sleep paralysis terjadi pada fase yang keempat yaitu fase REM. yang dimana pada fase ini otak dan otot otot pada tubuh kita sedang di istirahatkan sehingga tubuh kita tidak bisa di gerakkan ( lumpuh sementara), dan pada tahap ini kita sedang bermimpi. saat itu juga otot-otot yang ada pada tubuh kita sedang lumpuh sementara. 

nahh sleep paralisis terjadi ketika kita sedang terbangun dari fase tidur kita yang keempat yaitu fase REM. yang dimana saat kita sedang bermimpi kita tiba-tiba saja terbangun dari tidur kita karena beberapa sebab. nahh ketika kita terbangun secara tiba-tiba dari mimpi kita, otak kita akan menjadi aktif dan sadar, akan tetapi ketika kita tersadar dari tidur kita, tubuh kita belum bisa di gerakkan karena saat kita tertidur tadi otot-otot pada tubuh kita memerlukan waktu untuk aktif kembali.saat sleep paralysis ini terjadi terkadang kita berhalusinasi tentang beberapa hal misalnya membayangkan hantu yang sangat mengerikan atau sebagainya, halusinasi ini sebenarnya berasal dari mimpi kita saja. hal inilah yang sebenarnya terjadi ketika kita mengalami ketindihan. 
mengapa sleep paralysis bisa terjadi? mengapa sleep paralysis bisa terjadi? Reviewed by fikri darmansah on May 28, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.