Peran Penting Kecoa Pada Kehidupan di muka bumi ini


siapa yang tidak tau dengan hewan yang satu ini? yaaa kecoa. hewan yang hampir semua orang membencinya dan merasa sangat terganggu bila ia berada di sekitar kita. yahh memang hewan ini terkesan sangat jorok bagi manusia karena kerap kali kita menjumpainya di tempat-tempat yang kotor atau jorok. selain itu juga kecoa merupakan salah satu hewan penyebar penyakit bagi manusia.
akan tetapi kita tidak men-judge kecoa begitu saja, karena kecoa juga memiliki peran penting dalam kehidupan di dunia ini.

1. sebagai penyeimbang rantai makanan

seperti yang kita ketahui apabila salah satu spesies pada rantai makanan punah atau atau mengalami penuruan populasi, maka keseimbangan rantai makanan tersebut akan terganngu dan bisa berakibat buruk pada hewan hewan lainnya.

2. berperan dalam siklus nitrogen

jika populasi kecoa mengalami penurunan secara drastis atau bahkan mengalami kepunahan maka siklus nitrogen di bumi akan terganggu karena kecoa hobi menyantap sisa-sisa sampah organik yang banyak mengandung nidrogen. ketika nitrogen masuk ke dalam tubuh mereka, maka nitrogen tersebut akan di lepaskan ke tanah, lalu di gunakan oleh tumbuhan untuk tumbuh kembangnya.

3. sebagai objek penelitian

saat ini telah banyak ilmuan yang menjadikan kecoa sebagai objek penelitian mereka atau sebagai bahan percobaan. salah satu contohnya yaitu dalam bidang kesehatan, saat ini para ilmuan sedang melaukan penelitan terhadap jantung kecoa. kecoa memiliki 13 bilik pada jantungnya sehingga mampu membuatnya tetap bertahan meskipun salah satunya mengalami kerusakan ataupun kegagalan. keunikan dari kecoa inilah yang tengah di teliti para ilmuan di cina, mereka membuat jantung buatan dengan model yang berbasis dengan sistem kerja pada jantung kecoa. pasalnya jantung buatan ini akan mereka terapkan pada jantung manusia.


Peran Penting Kecoa Pada Kehidupan di muka bumi ini Peran Penting Kecoa Pada Kehidupan di muka bumi ini Reviewed by fikri darmansah on June 28, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.