Kata Baru Dalam KBBI

Hai teman-teman pada hari admin dutek akan membahas tentang kata baru yang ditambahkan dalam kbbi. Seiring berjalannya waktu dan majunya teknologi,munculpula kata baru yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari umumnya dalah bahasa Inggris contohnya download dan upload, Nah untuk menggantikan kata dalam bahasa inggris maka ditambahkan beberapa kata untuk mengantikan kata dalam bahasa ingris,Berikut ini :

1.Gawai : Adalah kata ganti untuk mengantikan kata gadget,mungkin kalian mengenal gawai sebagai perkakas atau alat,itu karaena laptop,tab,dan ponsel  secara tidak langsung merupakan alat atau perkakas.

2.Tetikus : Jika kalian amati pada kata tersebut terdapat kata tikus,nah tetikus ini merupakan bahasa indonesia dari Mouse Pada peralatan komputer.

3.Pranala : Merupakan kata ganti untuk hyperlink atau acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen yang lain atau sumber lain,kalau anak IT pasti tau deh...

4.Daring : Nah kata sangat sering kita gunakan bahasa ingrisnya dalam dunia maya.jadi daring ini adalah kata Online dalam Bahasa Inggris.

5.Luring : Kaulau daring beraarti online makan Luring merupakan akronim dari Daring,yaps... arti dari luring adalah Offline.

6.Swafoto : Ini adalah jenis kegiatan yang hampir setiap orang pernah lakukan,apalagi para milenial,nah arti dara kata swafoto adalah Selfie.

7.Saltik : Nah saltik merupakan salah satu akronim,kata saltik berarti salah ketik.

8.Peladen : Kalimat ini merupakan kalimat yang menunjuk pada Server,mungkin pada awalnya ada yang berpikir kalau arti peladen adalah sebuh profesi.

9.Pratayang : Saya rasa kata sangat mudah untuk dikenali,kata ini merupakan Bahasa Indonesia dari Pratayang.

10.Prmusiwi : Prmusiwi merupaka kata dalam bahasa indonesia yang menunjuk pada kata Babysitter pada bahasa Ingris.

11.Profon :  Kata yang berujuk pada Alat Handy Talkie.

12.Narahubung : Kata yang sering kita dengar dan baca dengan kalimat CP atau Contact Person.

14. Pelantang : Merujuk pada Microphone

15.Warganet : Yang berarti Orang maha tau di dunai,eitsss... salah yang benar kata ganti untuk Netizen

Saya rasa sekian dari admin kali ini,semoga sebagai orang indonesia kita dapat menerapkan bahasa Indonesia dalah kehidupan kita sehari-hari.Sampai jumpa lagi... jangan lupa baca artikel terbaru kamu tiap hari..
Kata Baru Dalam KBBI Kata Baru Dalam KBBI Reviewed by Vernaldy Revimaputra on July 03, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.