Kenapa Kotoran Manusia (feses) Umumnya Berwarna Kuning Dan Berbau Tidak Sedap?


haii sahabat dutek kali ini saya akan memberikan penjelasan ke pada kalian tentang pertanyaan ada judul di atas yaitu "kenapa kotoran manusia (feses ) umumnya berwarna kuning dan berbau?". bagi kalian yang penasaran simak baik-baik penjelasannya.

umumnya feses yang keluar dari dalam tubuh kita berwarna kuning, dan awal penyebab dari fases yang berwara kuning ini di sebabkan oleh sala satu organ yang ada dalam tubuh kita yang kita kenal nama dengan hati. 

lohh.. kok feses yang berwara kuning di sebabkan oleh hati?

ya, karena hati juga merupakan sala satu alat pengeluaran pada manusia. singkatnya hati ini akan mengeluarkan suatu cairan yang bersifat basa yang berwarna kekuningan karena mengandung pigmen bilirubin yang bernama cairan empedu dan nantinya cairan ini akan di simpan atau di tampung ke dalam kantung empedu. kemudian cairan empedu ini suatu saat akan di lepaskan ke usus halus yaitu usus dua belas jari untuk membantu proses pencernaan makanan. ketika cairan empedu ini bercampur dengan sisa sisa makan yang tidak di cerna. karena ikut bercampurnya cairan empedu inilah yang menyebabkan kotoran manusia berwarna kuning.

tapi mungin terkadang kita juga menjumpai feses yang tidak berwarna kuning melainkan berwarna lain seperti, hitam, ,merah,  hijau, dan pucat. berbagai warna feses ini di sebabkan karena berbagai hal berikut penjelasannya :

1. feses berwarna hitam

untuk orang yang menghasilkan feses yang berwarna hitam bisa jadi orang tersebut mengalami pendarahan akut, di saluran cerna bagian atas, kerongkongan, lambung atau bagian hulu usus halus, dan mungkin juga di sebabkan oleh warna zat-zat makanan yang kita makan. karena banyaknya  warna yang bercampur pada feses kita maka akan menyebabkan perubahan warna pada feses kita menjadi tidak terkendali.

2. feses berwarna hijau

untuk para sahabat dutek yang pernah mengalami hal ini jangan kawatir karena hal ini wajar wajar saja terjadi. hal ini terjadi karena kalian terlalu banyak mengonsumsi sayur-sayuran warna hijau pada feses ini juga di iringi dengan kejadian diare. untuk mengatasi kejadian ini kalian cukup mengurangi makan sayur terlalu banyak.

3. feses berwarna merah
feses berwarna merah sebabkan karena terjadinya peradangan pada usus bagian bawah dan rektum, untuk kalian yang mengalami hal ini mak itu tandanya kalian mengalami wasir dan radang usus besar. selain itu juga mungkin saja kalian mengonsumsi jenis zat makanan yang berwarna merah.

4. feses berwarna pucat

keadaan ini menggambarkan terjadinya sumbatan pada saluran empedu kalian, mengalami penyakit  hati, ataupun penggunaan obat-obatan


untuk pertanyaan "kenapa feses kita menghasilkan bau yang tidak sedap?"

seperti yang kita ketahui bahwa pada umumnya feses manusia berbau tidak sedap, dan bau tidak sedap pada feses ini berbeda untuk setiap orang tergantung dari jenis makanan yang kita makan. penjelasan singkatnya singkatnya yaitu pada saat di usus besar makana akan mengalami pembusukan oleh bakteri dan menghasilkan berbagai gas yang berbau busuk. ini lah yang menyebabkan feses yang kita keluarkan menjadi busuk.


okk sekian pembahasan dari saya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian yang membacanya. salam anak dutek :v




Kenapa Kotoran Manusia (feses) Umumnya Berwarna Kuning Dan Berbau Tidak Sedap? Kenapa Kotoran Manusia (feses) Umumnya Berwarna Kuning Dan Berbau Tidak Sedap? Reviewed by fikri darmansah on July 04, 2018 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.