Kenapa Air Laut Asin


pernakah kalian bertanya-tanya, kenapa sih air laut itu rasanya asin? jika kalian penasaran silahkan kalian simak penjelasan saya di bawah ini

tahukah kalian bahwa dari 72 % air di bumi ini hanya ada sekitar 3-2 % saja air yang tawar dan sekitar 97 % air di bumi ini adalah air asin, yaitu air yang umumnya ada di lautan.

jadi awal air laut terasa asin itu adalah karena di sebabkan oleh hujan, seperti yang kalian ketahui bahwa air hujan itu berasal dari air laut yang menguap lalu membentuk awan dan kemudian air hujan akan jatuh ke daratan. air hujan itu akan kembali ke lautan dengan membawa beberapa garam garam mineral seperti kalsium, kalium,natrium dan lain lain. garam garam mineral tersebut di dapatkan dari batuan-batuan ataupun kerak bumi yang dilalui oleh air hujan yang jatuh ke daratan. dan proses ini akan berulang secara terus menerus, dan perlu kalian ketahui bahwa ketika proses penguapan air laut terjadi garam garam yang terbwa oleh air hujan sebelumnya akan tetap berada di laut. dan saat terjadi hujan lagi, air hujan akan kembali lagi ke laut dengan membawa beberapa jenis garam-garam dan mineral dari daratan. hal ini menyebabkan garam garam yang di bawah oleh air hujan terperangkap di laut, dan karena proses ini berjalan secara terus menerus maka kandungan agaram dalam lautan akan terus meningkat dan menyebabkan air laut terasa asin.

jadi intinya air laut terasa asin karena air hujan membawa beberapa jenis garam-garam mineral yang ada di daratan. yang mengakibatkan garam garam mineral tersebut terperangkap di laut, dan karena hal ini terjadi secara menerus maka air-air yang ada di laut bercampur dengan sejumblah garam-garam mineral. garam-garam mineral inilah yang menyebabkan air laut menjadi asin.
Kenapa Air Laut Asin Kenapa Air Laut Asin Reviewed by fikri darmansah on July 07, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.