gunung yang lebih tinggi dari gunung everest



haii sahabat dutek apa kabar, semoga kalian baik-baik saja yahh, supaya kalian bisa membaca artikel ini dengan baik :v

sebagian besar sahabat dutek pasti telah mengtahui bahwa gunung tertinggi di dunia adalah gunung everest jika di ukur dari permukaan bumi. yaa, pernyataan ini memang benar adanya. tapi bagaimana jika pertanyaannya "gunung apa yang paling tinggi di tata surya?" mungkin kalian akan merasa kebingungan untuk menjawabnya karena kalian mungkin tidak tahu jika planet lain yang ada di tata surya juga memiliki gunung dan tinggi gunung tersebut lebih tinggi jika di bandingkan dengan gunung everest. lantas gunung apakah itu?

gunung tertinggi di tata surya adalah gunung olympus mons, gunung ini merupakan gunung berapai  yang berada berada di planet mars. gunung olympus ini memiliki ketinggian yang mencapai ±16 mil atau sekitar ±25 km jika di ukur dari dataran di sekitarnya. jika di bandingkan dengan tinggi gunung everest yang tingginya hanya sekitar ±8 km maka gunung everest akan terlihat kecil dibandingkan dengan tinggi gunung olympus, butuh tiga gunung everest yang di susun secara vertikal agar bisa menyaingi tinggi gunung olympus ini.

selain itu juga gunung olympus ini juga memiliki dataran yang sangat luas jika di bandingkan dengan dataran gunung yang lainnya, luasnya sekitar ±374 mil atau ±624 km.

banyak para ilmuan yang menyatakan bahwa gunung olympus ini di perkirakan terbentuk melalui proses yang sama dengan proses-proses terbentuknya gunung di bumi kita ini. yaitu terbentuk saat batuan-batuan panas yang ada di dalam planet terlempar keluar dan membentuk sebuah gunung berapai yang masih aktif hingga sekarang.



baik itu saja yang dapat saya sampaikan pada artikel saya kali ini, semoga bisa menambah pengetahuan dan memperluas wawasan bagi kalian yang membacanya :v

gunung yang lebih tinggi dari gunung everest gunung yang lebih tinggi dari gunung everest Reviewed by fikri darmansah on July 23, 2018 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.