Jenis-Jenis,Sebab,serta Dampak Inflasi ( Full PPT)

Selamat pagi semua, hari ini admin akan membagikan Jenis-Jenis,Sebab,serta Dampak Inflasi ( Full PPT) nah tapi kali ini saya juga akan membagikan dengan file power point atu PPT, kalian bisa dapat dibawah...
Inflasi: Pengertian, Penyebab, Rumus Menghitung, dan Dampaknya ke ...
Jenis-Jenis Inflasi

KEPARAHAN
Inflasi Ringan (Creeping Inflation)
Yaitu inflasi yang besarnya kurang dari 10 % per tahun. Inflasi ini tidak akan memberi pengaruh yang besar terhadap keadaan ekonomi suatu negara, selain itu inflasi ini juga dibutuhkan agar produsen memproduksi lebih banyak barang.
Inflasi Sedang (Galloping Inflation)
Inflasi yang besarnya antara 10 – 30 % per tahun. Inflasi ini dapat menurunkan kesejahteraan masyarakat namun belum terlalu membahayakan bagi negara. Kenaikan harga pada inflasi sedang cenderung cepat.
Inflasi Berat (High Inflation)
Inflasi yang besarnya antara 30 – 100 %. Inflasi berat akan membuat kondisi ekonomi di suatu negara menjadi kacau.
Inflasi Sangat Berat (HyperInflation)
Inflasi yang bersarnya lebih dari 100%. Pada kondisi ini, masyarakat tidak mau menyimpan uang karena nilainya menurun drastis dengan sangat cepat, sehingga banyak yang membelanjakan uangnya.
ASAL
Inflasi Dalam Negeri (Domestic Inflation)
Yaitu inflasi yang timbul karena adanya defisit (pengeluaran > pemasukan) pembiayaan atau belanja negara. Sehingga pemerintah mengatasinya dengan mecetak uang baru. Adanya uang baru membuat peredaran uang semakin luas sehingga akan berakibat pada kenaikan harga barang.
Inflasi Luar Negeri (Imported Inflation)
Yaitu inflasi yang dipicu oleh kenaikan harga barang pada suatu negara, sehingga negara lain yang memiliki hubungan ekonomi (ekspor impor) dengan negara tersebut akan terpengaruh oleh inflasi.

Sebab
Demand Pull Inflation
Merupakan inflasi yang terjadi akibat adanya sebuah permintaan (demand) yang tidak imbang dengan peningkatan jumlah penawaran produksi. Hal tersebut mengakibatkan kenaikan harga barang sesuai dengan hukum permintaan yakni apabila permintaan tinggi sdangkan penawaran tetap maka harga akan naik.
Cost Push Inflation
Merupakan inflasi yang penyebabnya adalah kenaikan biaya produksi yang disebabkan oleh kenaikan biaya input atau biaya faktor produksi.

Dampak
Berkurangnya Investasi
Mendorong Tingkat Suku Bunga
Kegagalan Pembangunan
Ketidakpastian Ekonomi Masa Yang Akan Datang
Mendorong Tingkat Spekulatif
Defisit Neraca Pembayaran

Apabila inflasi itu ringan, justru mempunyai pengaruh yang positif dalam arti dapat mendorong perekonomian lebih baik, yaitu meningkatkan pendapatan nasional dan membuat orang bergairah untuk bekerja, menabung dan mengadakan investasi.
Jenis-Jenis,Sebab,serta Dampak Inflasi ( Full PPT) Jenis-Jenis,Sebab,serta Dampak Inflasi ( Full PPT) Reviewed by Vernaldy Revimaputra on June 09, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.